
Arkamedia.id, Kisaran | PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, Branch Office (BO) Kisaran bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan menggelar Sosialisasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Banjir.
Kegiatan yang digelar di aula dan halaman BRI BO Kisaran, Kamis (20/2) lalu itu, sebagai bentuk penerapan Business Continuity Management (BCM) BRI BO Kisaran, serta mempersiapkan pekerja BRI BO Kisaran beserta supervisinya untuk sigap, siaga, dan tanggap dalam menghadapi kedaruratan ketika bencana terjadi.
Branch Office Head BRI BO Kisaran, Fajrul Haq, mengatakan kepada awak media, Selasa (4/3) bahwa Sosialisasi bersama BPBD Asahan yang diikuti oleh pekerja BRI BO Kisaran itu, menghadirkan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Asahan, Siti Rahmawati Tambunan, S.STP, MM sebagai narasumber.
“Pelatihan dan sosialisasi tanggap darurat siaga bencana ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesigapan para pekerja saat kejadian bencana khususnya banjir. Sehingga pekerja akan sigap dalam menangani dampak buruk yang ditimbulkan, terutama dalam melakukan penyelamatan dan evakuasin korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, pengurusan pengungsian, penyelamatan, serta pemulihan sarana dan prasarana,” papar Fajrul Haq.
Ditambahkan Fajrul Haq, bahwa sebagai salah satu bank terbesar dan terkemuka di wilayah Kabupaten Asahan dan sekitarnya, BRI Kisaran tidak saja berkontribusi terhadap daerah dan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian melalui pinjaman modal usaha, tapi juga tanggap dalam pencegahan dan kesiapsiagaan bencana yang sewaktu-waktu dapat datang.
Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Asahan, Siti Rahmawati Tambunan, S.STP, MM, pada kegiatan tersebut menjelaskan bahwa sosialisasi siaga bencana itu merupakan salah satu bentuk kerjasama pihaknya dengan BRI BO Kisaran guna meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan pekerja BRI dalam menghadapi berbagai bencana khususnya banjir.
“Melalui Sosialisasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Banjir ini, maka seluruh pekerja memahami perannya ketika bencana banjir terjadi. Semua itu bertujuan untuk menghindari kerugian lebih besar, serta meminimalisir korban jiwa dan harta benda,” pungkasnya.
Kegiatan sosialisasi yang diikuti dengan antusiasi oleh seluruh pekerja BRI BO Kisaran ini, dimulai dengan penyampaian paparan oleh BPBD serta dilanjutkan oleh simulasi praktek penanganan bencana banjir. (red)